alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

Minggu, 09 November 2014

MENGAMATI DAN MENANYA

Awal diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum 2013 di sekolahku, aku sangat semangat. Kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk belajar dengan tahap "mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan". Tahapan ini kupraktekkan dalam sebuah kelas.


Tahap pertama, aku putarkan film tentang dialog sederhana dalam Bahasa Perancis. Aku menyuruh semua siswa untuk mengamati film dan dialog yang ada dalam film.


Tahap kedua, setelah film selesai, aku bertanya kepada siswa, “Ada yang mau ditanyakan?”
Semua diam

Aku berkata lagi, “ayo tanyakan apa yang kalian tidak paham!”
Semua masih diam.
Aku berkata lagi, “kalian paham dengan film tersebut?”
Serempak mereka menjawab, “tidak”
Aku berkata lagi, “kalau begitu, tanyakan apa yang kalian tidak paham !”
Semua diam lagi
Aku bertanya, “yang mana yang kalian tidak paham?”
Semua masih diam juga.
Aku bertanya lagi, “kalau kalian tidak paham, kenapa tidak bertanya?”
“Kami tidak tahu mau bertanya apa Bapak,” jawab Gita

Aku pun diam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar