Alasan guru memberikan PR kepada siswa:
1.
Agar siswa belajar di rumah
2.
Agar materi pelajaran bisa
dikuasai dengan baik.
3.
Membiasakan siswa mengulang
kembali pelajaran
4.
Memupuk tanggung jawab
5.
Mewujudkan disiplin siswa
6.
Mengukur kemampuan diri
siswa
Efek pemberian PR kepada siswa:
1.
Siswa rajin:
a.
Mengerjakan dengan baik.
b.
Rajin belajar walaupun tak
ada PR.
c.
Tak pernah bermasalah
dengan pelajaran
d.
Dijamin naik kelas.
2.
Siswa agak rajin
a.
Mengerjakan dengan baik.
b.
Belajar kalau ada PR (hanya
untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang ada di PR)
c.
Kadang ada beberapa mata
pelajaran yang remidi.
d.
Naik kelas.
3.
Siswa kurang rajin
a.
Tidak mengerjakan PR.
b.
Meminta contekan PR kepada
siswa yang pintar atau sedang (via WA, BBM,fb, instagram, diphoto lalu disalin).
Tidak paham dengan pertanyaan dan jawaban PR, yang penting menyalin jawaban.
c.
Tidak pernah belajar tapi
kelihatan rajin belajar karena selalu mengerjakan PR.
d.
Banyak mata pelajaran yang
remidi.
4.
Siswa malas
a.
Tidak akan minta contekan
PR kepada temannya via medsos. Hemat pulsa dan kuota. Besok pagi, kalau sempat
dia menyalin jawaban punya teman di kelas. Kalau lupa, dia sudah terbiasa
dengan hukuman.
b.
Tidak pernah belajar dan
kelihatan tak pernah belajar.
c.
Walaupun tak pernah belajar
tapi dia pandai dan terlatih membuat surat pernyataan “akan selalu mengerjakan
tugas”.
d.
Posisi aman untuk naik
kelas hanya mengandalkan absensi yang lengkap dan mengikuti remidi seluruh mata
pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar