alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

Jumat, 19 Desember 2014

FULL TIME

Tanpa mengurangi niat untuk menyampaikan ilmu, seluruh perangkat mengajar kubawa ke kelas. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), modul, LKS, kamus, agenda harian, jurnal siswa, lembar penilaian pengetahuan, lembar penilaian ketrampilan, lembar penilaian sikap, lembar penilaian antar teman, dan lembar penilaian diri sendiri. Aku harus berhasil mengisi perangkat pembelajaran ini dalam waktu 2 x 45 menit.

Seperti biasa, kumulai pelajaran dengan salam dan bla bla bla (pengantar pelajaran Bahasa Perancis)

"Vous etes fatigue?" tanyaku yang artinya kalian capek?
"Oui, Monsieur," jawab mereka serempak yang artinya iya Bapak.

Maklum jam terakhir memang kondisi telah menurun. kuselingi sedikit dengan breaking ice alias menyanyi sedikit.

20 menit berlalu.

Memasuki pembelajaran Bahasa Perancis, kuatur benar waktu untuk memenuhi seluruh aspek pembelajaran pada hari ini. Kuabsen satu per satu dan kusalin absensi kelas ke absensiku. Ini membutuhkan waktu 5 menit.

Jurnal siswa kukeluarkan. Kutanya kondisi para siswaku.

"Kalian masih semangat?" tanyaku
"Ngantuk Pak"
"Aujourd'hui, nous allons apprendre les noms," kataku

Kupersiapkan laptop, kusambung LCD ke stop kontak. persiapan ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Kutayangkan video tentang nama-nama benda dalam bahasa Perancis dengan durasi 15 menit. Para siswa mengamati. Sambil mengamati video tersebut, kubuka jurnal siswa. Kuamati siswaku satu per satu. Ada yang menguap. Ada yang bicara dengan temannya. Ada yang memperhatikan dengan seksama. Semuanya kucatat dalam jurnal siswa. Sampai video selesai, aku masih harus mencatat aktivitas siswa. 10 menit kuberikan kesempatan untuk bertanya sambil aku melengkapi catatanku.

Waktu tersisa 35 menit. Beberapa siswa bertanya. Untuk itu, kuberi kesempatan untuk menalar dengan cara berdiskusi. Kubentuk 8 kelompok. Masing-masing kelompok membahas 10 kata benda. Kuberi waktu 10 menit.

"Cukup. Sekarang waktunya mencoba." kataku setelah 10 menit berlalu.
"Baru mau mulai Pak," kata mereka
"Sekarang setiap kelompok harus mengucapkan kata benda yang dibahas tadi. Saya beri waktu 1 menit utnuk setiap kelompok. Dari kelompok A. Ayo perwakilannya maju," kataku.
Ternyata kelompok A membutuhkan waktu 2 menit. Baru 5 kelompok yang maju, waktu telah habis.
"Sekarang kalian mempunyai waktu 5 menit untuk membahas diskusi tadi. Silahkan," kataku
"Waktunya untuk diskusi kurang Pak," kata kelompok B.
"Kami tak kebagian kesempatan Bapak," kata kelompok F

"Kesimpulan dari pelajaran hari ini adalah kata benda yang kita pelajari hari ini harus kalian pelajari lagi minggu depan." kataku menutup diskusi.

8 menit terakhir kugunakan untuk mengisi lembar penilaian antar teman dan penilaian diri sendiri. Hari ini, administrasi pembelajaranku berhasil kulengkapi. 2 menit kugunakan untuk menutup pelajaran pada hari ini.

"Bonjour. Au revoir"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar