Pelajaran dimulai. Ketua kelas menyiapkan dan memimpin berdo'a. Selesai berdo'a kusapa mereka.
"Bonjour à tous," kataku
"Bonjour monsieur," jawab para siswa
"Comment allez-vous?"
"Je vais très bien merci et vous?" kata mereka serempak
"Je vais très bien aussi," jawabku.
"Bienvenue en classe de français. Aujourdh'ui, nous allons apprendre le francais sur les nombreux. Mais, avant cela, je vais faire la presentation," kataku tentu saja dengan lancar
Kata-kata tersebut adalah kata-kata pembuka pelajaran Bahasa Perancis. Kalimat tentang salam, kabar, dan prolog itu selalu kuucapkan sebelum memulai pelajaran Bahasa Perancis dan para siswa sudah paham serta sudah pandai mengucapkannya juga.
Kuabsen satu-satu. Semuanya hadir. Hasilnya kutulis dibuku absensi kelas dan buku absensiku. Pekerjaan ini membutuhkan kurang lebih 20 menit.
Selanjutnya aku mempersiapkan administrasi mengajarku
- Jurnal kelas. Jurnal kelas ini diisi setelah materi pelajaran yang diajarkan hari ini selesai. Tujuannya adalah agar guru tahu materi terakhir yang telah diajarkan.
- Agenda harian. Isi dari jurnal kelas harus kusalin ke agenda harianku agar aku dapat mempersiapkan materi untuk pertemuan berikutnya.
- Jurnal siswa. Jurnal ini digunakan untuk menilai sikap dan aktivitas siswa satu per satu selama pembelajaran berlangsung. Sudah kutulis nama, nomor absen beserta kolom materi penilaian.
- Lembar penilaian antar teman. Lembar ini harus diisi oleh setiap siswa untuk menilai temannya pada akhir pelajaran.
- Lembar penilaian diri sendiri. Lembar ini harus diisi oleh masing-masing siswa untuk menilai diri sendiri selama mengikuti pelajaran.
Persiapan ini kurang lebih membutuhkan waktu 5 menit.
Seperti biasanya, kupersiapkan laptop dan LCD. Kuambil kabel rol untuk menghubungkan stop kontak dengan LCD serta laptopku. aku minta bantuan salah satu siswa untuk mengulurnya, sementara aku memasang kabel LCD. setelah kabel terhubung dengan stop kontak, kunyalakan Laptop dan LCD. Kuatur tampilan gambar di tembok (maaf, di kelas belum terdapat fasilitas layar proyektor, jadi memanfaatkan tembok yang berwarna cukup krem /cream muda). Pekerjaan ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit, sampai aku bisa menampilkan file-ku di tembok.
Kutayangkan sebuah film tentang angka dalam bahasa perancis. Film berdurasi 5 menit ini menampilkan angka dari 1 sampai 100.
Seperti tahap yang tertera di RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang harus aku lalui, setelah menampilkan sebuah film, aku memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Siswa kuberi kesempatan untuk menanyakan tampilan film tersebut. Sembari kupegang buku jurnal siswa, aku berkeliling untuk menilai sikap dan aktivitas para siswa.
"Silahkan bertanya," perintahku.
"Kami belum paham, tolong filmnya diputar ulang Pak!" kata salah satu siswa
"Itu bukan pertanyaan," jawabku
Setelah 2 menit kuberi kesempatan tak ada reaksi dan belum juga ada yang bertanya.
"Kelamaan. Sekarang écoutez et repetez (dengarkan dan ulangi alias tirukan)!" perintahku.
Laptop dan LCD kumatikan. Jurnal siswa kuletakkan kembali di meja.
"Әng," teriakku sambil mengacungkan satu jari telunjuk. "Әng," teriak mereka
"DØ," teriakku selanjutnya sambil mengacungkan 2 jari "DØ," teriak mereka
"Troa" "Troa"
dan seterusnya sampai angka 100.
"Nah kalau begini lebih jelas, kami bisa bertanya Pak," kata Rahman.
"Kamu mau tanya apa Rahman?"
"Cara mengucapkan angka satu tadi apa Pak?
"Әng," jawabku
"Kalau dua Pak," tanya dia lagi
"DØ," jawabku
"Kalau ...."
"Stop," kataku "dasar kamu, bilang saja minta diulangi. Ayo ulangi sekali lagi"
Kuulangi lagi. Para siswa dengan penuh semangat menirukan kata-kataku sambil ikut mengacungkan jari-jari mereka satu per satu.
"Teeeet...teeeet," bel tanda pergantian pelajaran berbunyi
Sementara, jurnal kelas, agenda harian, jurnal siswa, lembar penilaian antar teman, dan lembar penilaian diri sendiri masih kosong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar